Sedikit tips menjelang akhir tahun.........

Wah..tampa terasa ya uda mendekati akhir tahun Anggaran 2009....dan so pasti rekan-rekan yang TUSI (Tugas dan Fungsi) nya sama dengan saya ....dikantor kebagian tugas bikin laporan Aset dan Kekayaan Negara ...mulai deh siap-siap dengan kerja lumayan berat..dan barangkali musti dilemburkan. karena seperti biasanya semua pekerjaan numpuknya diakhir tahun anggaran...ini biasanya lho...tapi kelihatannya tahun ini pun sama....ini banyak faktor lho....bukan kita yang operator Aplikasinya yang lelet...tapi terkadang bahan-bahan sumber laporan kita seperti dokumen kontrak, kwitansi, SPM/SP2D keluarnya kalo udah mau tutup tahun...ya ngka bisa disalhakan juga ya...yang bikin SPM....wong pekerjaannya emang blom kelar...itu mungkin ditempat saya ..mudah-mudahan ditempat rekan-rekan semua ngak begitu...
Inilah biang keroknya makanya kita yang di aplikasi SIMAK BMN sebagai ujung tombak pelaporan Aset/Barang Milik Negara..diakhir tahun jadi super sibuk..begitu juga dengan kawan-kawan di SAKPAnya...ya karena memang Aset dan Keuangan ngak mungkin dipisah...karena jadi satu kesatuan dalam SAI....jadi panjang lebar jadinya kita langsung aja ya ...

Biasanya pekerjaan mengklopkan laporan diakhir tahun agak rada-rada ribet..dan kadang njelimet..ya karena itu tadi kita yang diaplikasi SIMAK BMN musti bolak-balik arsip dokumen yang terkadang tebalnya ...tahu sendiri lah..karena memang dalam dokumen SPM/SP2D yang kita butuhkan bukan hanya SPM/SP2D Pengadaan dan Pembangunan tapi semua bukti pengeluaran...mulai dari gaji, tunjangan dan seaberek kegiatan lain.
kalua misalnya dibolak-balik satu satu lembar tiap-tiap SPM wah...untungnya mungkin kalau sudah ada copian SPM/SP2D yang diberikan rekan di SAK kepada kita......kalau tidak ..akan butuh waktu bolak-balik arsip lember per lembar. ini kasus pertama...yang kedua setalah rekon dengan SAK biasanya akan kelihatan di neraca berapa lagi hutang kita yang belum ke input...ya di neraca akan kelihatan berapa akun peralatan dan mesin yang belum disesuaikan dan juga gedung dan bangunan yang belum disesuaikan..nah ini lagi yang akan kita hadapi...cari lagi deh SPM/SP2D yang belom...nah kalo musti bolak balik lagi...capek deh
Ini biasanya yang saya hadapi..apalagi musti rangkap job...Operator, verikator sampai validator laporan musti kerjakan sendiri. belakangan saya temukan sedikit kemudahan lewat dua aplikasi tadi SIMAK BMN dan SAK...ya daripada harus bolak-balik sedemikian banyak SPM/SP2D mending langsung aja tuju SPM/SP2D yang belum..jadi ngak terlalu repot bolak balik......ya kan bolak-balik juga...hhh..hh emang sih tapi kan ngak seribet kalo kita ngak tau mana yang belum dan mana yang udah ...manual banget jadinya.....ya buat rekan-rekan yang uda nyoba tips ini pasti deh ngerasain banyak kemudahan...tidak hanya itu ...dengan cara ini proses rekon kita lebih cepat dan kita lebih dengan mudah mendeteksi SPM/SP2D mana aja yang belum...sekaligus kesalahan belanjapun mudah kita deteksi...caranya ngak ribet-ribet amat masih legal kok...artinya kita ngak main belakang (kayak rekan-rekan yang ngerti program biasanya sih pada main belakang..hhh.hhh) tapi yang ini tetap di aplikasi....kok

Pertama kita cetak neraca masing-masing laporan (SIMAK dan SAK)pilh pertanggal atau semesteran...terserah rekan-rekan deh sesuaikan aja dengan kondisi laporan masing-masing.

untuk SIMAK BMN kita cetak daftar SPM/SP2D..caranya udah tahu kan ..menu utility- kirim ke SAKPA cetak daftar SPM/SP2D

untuk SAK nya kita cetak buku besar SAI..caranya menu laporan- buku besar-pilih neraca.

Ok deh hanya itu..lalu cek deh mana SPM/SP2D yang belum, so dijamin deh kerjaan rekan-rekan akan lebih gampang dan cepat dari biasanya... dan setelah itu lanjutkan deh buat CRBM dan CALK nya....pokoknya terbantu deh...silahkan nyoba ..buat yang belum..yang udah kalo ada tips lain sharing ya....


2 komentar:

  1. blog ku : wildantipsandtrick.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wah...akhrinya ada juga yang beri comment...makasih mas..ya

    BalasHapus

Copyright © 2012 IKHTIARCERDAS.