Satu lagi tip akhir tahun.....

Postinga kali ini kembali saya berikan sedikit tips untuk rekan-rekan operator SIMAKBMN-SAK. ya karena memang diakhir tahun kerjaan kita biasanya numpuk dan terkadang musti dilemburin apalagi kalau ternyata laporan kita rada-rada ada masalah ngak klop lah gitu antara SAK dan SIMAKnya...biasanya ini pasti terletak pada SP2D/SPM...ya karena ini dokumen kunci dari laporan kita....di postingan yang lalu...saya berikan sedikit tip biar kerjaan kita ngak terlalu sibuk bolak-balik arsip SP2D/SPM di keuangan..sekarang ada sedikit trik ngakalin gimana biar kita ngak perlu bolak-balik file...bahkan ngak perlu minta copyian SPM/SP2D ke keuangan..caranya ngak terlalu susah... kita cuman butuh folder back up aplikasi SAK.

caranya...kita butuh tool/program untuk ngebuka databasenya aplikasi SAK...bisa pake tool mysql atau yang paling gampang microsoft visual foxpro..karena emang aplikasinya dibangun pake ini.

pertama kita buka visual foxpronya
open file t_spm di folrder backup yang kita ambil dari aplikasi SAK tadi
setelah berhasil kita hanya perlu MAK 53 (MAK belanja modal) maka diperlukan sedikit perintah sql untuk memanggil data-data tersebut.

perintahnya
SELECT * FROM `t_spm0900` WHERE `KDBKPK`='53'
Browse

setelah itu cukup import data yang ditampilkan ke format excel
jadi deh....kita dapat lihat semua transaksi belanja modal tanpa harus minta copyan SPM/SP2D ke keuangan. semoga bermafaat silahkan coba......

0 komentar:

Copyright © 2012 IKHTIARCERDAS.