Jogja,...Malioboro dan si mbah pengayuh becak...

Ini kali kedua saya menginjakkan kaki di kota pelajar yogyakarta....kali inipun masih tetap seperti dua tahun yang lalu...ada tugas dari kantor sekalian barangkali refres dari rutinitas harian yang kadang menjemukan, membosankan dan melelahkan....hhh..hhh...dan kebetulan juga dua tahun lalu saya juga berangkat di bulan september...kali ini pun juga di bulan yang sama...bedanya kali ini dalam suasana puasa di bulan suci ramadhan.....
Alhamdulillah ....dulu saat baru menginjakkan kaki di bumi para pelajar ini, satu hal yang menarik adalah suasana jogja yang memang masih kental dengan nuansa budaya lokal yang kental sekaligus dengan bangunan-bangunan tua disekitar keraton. kali ini tidak jauh beda suasan itupun masih terasa. namun dalam perjalanan saya kali ini di jogja ada pesan-pesan ....dari yang di Atas sana yang paling tidak jadi pelecut, dan penyentil sekaligus mengingatkan diri yang lemah ini.

Malioboro.......tidak banyak berubah sejak kedatangan saya ke kota ini dua tahun lalu....deretan pedagang kaki lima di tiap emperan pertokoan dengan setia menjajakan aneka dagangan mereka...dan tentu yang paling diminati adalah batik dan aneka kerajinan khas kota ini....suasana malampun tidak jauh berubah...orang bilang kalo nyari makan pas malam di kawasan ini ngak..susah..karena memang para pedagang lesehan berjualan sampai bedug subuh.

Gambaran ini mungkin kurang ya...bagi yang blom pernah kesana...tapi cuman itu yang masih teringat dalam memori saya tentang malioboro..karena emang saya cuman tiga hari disana...n kebutulan nginapnya di salah satu hotel BUMN yang pas benar berada di jalan Malioboro Jogjakarta...kalo mau lebih nyata ya...sowan aja kesana ya...hhh

ada saja kejadian yang jadi sebuah pelajaran dan pengalaman berharga dalam perjalanan saya kali ini...dua hal yang bertolak belakang...kali ini saya bernagkat dengan salah seorang pejabat di tempat saya bekerja.....dengan fisik yang kokoh, gemuk dan masih layak dibilang muda baru 45 tahun....kebutaln juga baru satu tahun ini duduk di posisi cukup strategis di tempat saya...katanya sih kursi "basah" iya tidaknya saya juga ngak terlalu ambil pusing....sungguh yang bikin saya agak miris dan risih.....dengan fisik yang kokoh begitu ...nih bapak selama tiga hari itu ngak puasa..nauzubillah...katanya sakit dan dia makan obat rutin....ya mudah-mudahan memang begitu...tapi bukankah ada-ada hal yang diluar logika dan nalar kita tentang puasa ramadhan ini...baginda nabi berpesan "suumu tashihu..." berpuasalah kamu niscaya kamu akan sehat....lalu...tidakkah pesan singkat rasul ini tidak mengugah kita.

hal kedua yang mungkin bertolak belakang...ya seperti biasa kalo berpergian keluar kota..tentunya ada sedikit buah tangan dan oleh-oleh untuk isteri dan anak tercinta dirumah..kali ini dari tempat saya nginap untuk mencari oleh-oleh buat orang-orang tercinta...saya ditemani seorang mbah pengayuh becak yang kalo dari panggilannya pasti udah tua ya..memang mbah ini uda hampir 60 tahun n uda punya mantu 3 orang...

Dari penginapan saya ditemani mbah ini kearah keraton..yang memang disekitar keraton inilah pusat batik dan kaos dagadu yang mungkin agak lebih berkualitas dari yang ada di kawasan malioboro...lumayan jauh lho...pulang pergi sekitar 6 kiloan..tambah lagi muter-muter dan keliling dari satu gerai ke gerai lain....10 kiloan ada barangkali...coba bayangkan ngayuh becak sejauh itu...kata mbah ini pas saya nanya ngak capek pak..." jawabya udah biasa nak....dan beginipun saya puasa lho..." Subhanallah....saya jadi makin ngak nyaman...karena kalo dingat rasanya ngak manusiawi ya ..kita enakan duduk sementara para tukang becak ngsyuh dari belakang...ngak dalam ramdhanpun saya juga ngak enak naik becak ini. tapi mungkin ini sebuah ciri khas dan daya tarik kota gudeg juga....barangkali.

Dua peristiwa yang bertolak belakang ini ..jadi sebuah pelajaran berharga bagi saya....sungguh memang benar puasa tidak melihat fisik dan tubuh seseorang...tapi dari hati dan niat kita untuk beribadah, pantaslah barangkali yang dipanggil dalam ibadah ini adalah mereka yang benar-benar beriman..bukan hanya sekedar muslim, satu kata-kat si mbah tukang becak ini tentang puasa...ya ibarat pajak nak...di bayar sekali setahun masak sih ngak bisa...sama pemerintah aja kita mampu bayar..masak sama yang nyipta in diri kita dan yang ngasih rezeki saban hari kok ya ngak mampu.malu...lagian 11 bulan fasilitas yang kita mikmati gratis....lagian yang kita lakukan juga tidak akan sia-sia..........."

Benar mbah...terima kasih banyak....moga tetap kuat ngayuh becak...n tetap istiqomah ibadahnya.

inna garuda jogja
5 September 2009



0 komentar:

Copyright © 2012 IKHTIARCERDAS.